Hari Ini Rapat Akbar Persatuan Buruh Diselenggarakan di Provinsi Riau

13/02/2023 08:10 WIB

post-img

Menyusul konsolidasi Persatuan Buruh yang sudah diawali di Jakarta, pada Kamis, 26 Januari 2023 lalu, Partai Buruh Exco Provinsi Riau  juga akan turut menggemakan konsolidasi Persatuan Buruh pada Senin, 13 Februari 2023 dengan tema "Persatuan Buruh untuk Kebangkitan Politik Kelas Pekerja", yang akan bertempat di Hotel Apha Pekan Baru. 

Pada hakikatnya, konsolidasi Persatuan Buruh ini bertujuan menyatukan ragam kekuatan kelas pekerja menuju pemenangan Pemilu 2024, dengan mengusung cita - cita Negara Kesejahteraan. Penyatuan kekuatan kelas pekerja menjadi syarat mutlak demi terwujudnya Negara Kesejahteraan. Pun, sudah saatnya kelas pekerja turut berperang dalam kancah pertarungan politik elektoral, demi mengambil kebijakan yang berpihak pada kepentingan kelas pekerja. 

"Konsolidasi Persatuan Buruh yang memuat seluruh elemen buruh, yang pada dasarnya tergabung dalam serikat pekerja di seluruh Indonesia dilaksanakan untuk menyatukan persepsi dan tekad untuk bergerak secara bersama-sama tanpa membedakan asal serikat pekerjanya,untuk berbuat lebih nyata bagi kepentingan masyarakat kelas pekerja dan bangsa ini. Khusus untuk Provinsi Riau Konsolidasi Buruh dilakukan dengan melibatkan Serikat yang berbasis nasional maupun lokal,"  ucap Erick Suryadi, Ketua Komite Eksekutif Partai Buruh Provinsi Riau, saat dihubungi di tengah kesibukannya mempersiapkan konsolidasi Persatuan Buruh. 

Dalam perhelatan Persatuan Buruh Riau, sekitar 39 Serikat Buruh dan Paguyuban, 10 Komunitas dan Kelompok UMKM yang tersebar di seluruh provinsi Riau telah diundang. Harapannya, konsolidasi Persatuan Buruh ini menjadi ajang penyatuan ragam kelompok yang nantinya menjad ujung tombak dalam menyebarluaskan tentang cita - cita Partai Buruh dan 13 program yang diusungnya. 

"Kami berharap seluruh komponen Buruh, Paguyuban, kelompok-Kelompk pelaku umkm mengetahui dan menyebar luaskan informasi kepada masyarakat tentang berdirinya Partai Buruh dengan No urut 6 kepada seluruh lapisan masyarakat, yang tentunya sluruh komponen buruh untuk kembali ke induk dalam rangka memenangkan dan memilih Partai Buruh dalam mengahadapi Pemilu 2024," pungkas Erick 

Di dalam konsolidasi Persatuan Buruh Provinsi Riau tersebut, akan dibahas berbagai agenda, seperti (1) Melakukan refleksi atas situasi politik nasional, daerah dan lokal; (2) Membangunan pemahaman bersama tentang perlunya persatuan politik kelas pekerja; (3) Membentuk persatuan buruh di tingkat provinsi Riau dan (4) Membangun Persatuan Buruh di tingkat Provinsi dan Kab/ Kota sebagai aliansi taktis maupun strategis bagi gerakan buruh/ pekerja dalam mengawal isu - isu kerakyatan baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah, hingga menjadi bagian untuk kemenangan kelas pekerja dalam Pemilu 2024. 

Kini gema konsolidasi Persatuan Buruh telah meluas di berbagai daerah menyuarakan pentingnya kelas pekerja turut terlibat dalam pertarungan politik dalam satu wadah Partai Buruh. Sebagaimana yang telah dinyatakan oleh Presiden Partai Buruh sebelumnya "Sekarang atau tidak sama sekali! Saatnya kita semua bersatu dalam satu wadah Partai Buruh untuk memenangkan Pemilu 2024. Tidak ada kata lain kali, sekarang inilah saatnya, karena sudah ada kendaraan politik bagi kelas pekerja, yaitu Partai Buruh!"