Aslan Sarifuddin: Hasil Tambang Lebih Banyak Dinikmati Oligarki

20/02/2023 07:49 WIB

post-img

Ternate - Bertempat di Caffe D'Mozaik, Kota Ternate. Exco Partai Buruh Provinsi Maluku Utara bersama Serikat Pekerja Nasional, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia, Liga Mahasiswa Indonesia Untuk Demokrasi (LMID) Kota Ternate, PPW Serikat Petani, KSPSI dan berbagai elemen masyarakat menggelar Road Show Rapat Akbar Persatuan Buruh Nasional, Sabtu 18 Febuari 2023.

Road Show Akbar Persatuan Buruh tersebut dihadiri Pengurus Exco Partai Buruh Pusat, seperti Said Salahuddin, Mustopo, dan Makbullah Fauzi.

Ketua Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia - FBTPI-KPBI sekaligus Koordinator Komite Politik Nasional Maluku Utara dan Ketua Exco Partai Buruh Halmahera Tengah Aslan Sarifuddin saat sambutannya menyampaikan, sumber daya alam yang melimpah di Maluku Utara lebih banyak dinikmati segelintir oligarki nasional dan lokal. Masyarakat masih belum benar-benar sejahtera, padahal sumber daya alam melimpah ruah.

"Sumber daya alam di Maluku Utara sangat melimpah yang dikeruk oleh industri esktra aktif pertambangan. Tetapi hasil kekayaan alam itu hanya dinikmati oleh para oligarki lokal dan nasional. Ambil cotoh PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (PT. IWIP), ratusan terliun yang dihasilkan oleh kerja-kerja buruh di perusahaan raksasa tersebut, tetapi kaum buruh, dan rakyat Halmahera Tengah tidak benar-benar sejahtera," ucapnya.

Aslan menuturkan, bahkan dari hasil ratusan triliun tersebut mampu memberikan pendidikan dan kesehatan gratis untuk rakyat Halmahera Tengah.

"Hasil yang begitu melimpah dari merampok sumber daya alam dan menghisap kelas pekerja PT.IWIP berjumlah ratusan triliun tersebut. Rakyat Halmahera Tengah tidak menikmati pendidikan dan kesehatan gratis. Kekerasan terus merajalela, kecelakaan kerja, upah murah, dll masif terjadi," tuturnya.

Dia menegaskan, itulah kenapa kaum muda dan mahasiswa harus mengambil sikap mendukung Partai Buruh. "Saya menyerukan kepada seluruh kaum muda dan mahasiswa serta buruh di Maluku Utara, mari bersama berjuang dengan Partai Buruh mewujudkan pendidikan gratis dan kesehatan gratis. Kita tidak bisa lagi menaruh harapan kepada partai-partai oligarki. Karena dari merekalah kebijakan-kebijakan politik pendidika dan kesehatan mahal lahir".

Aslan menambahkan, untuk pemilihan DPRD Kabupaten Halmahera Tengah kami menargetkan lolos parlemen. "Kami sudah menyiapkan strategi taktik agar bisa memenangkan figur-figur terbaik Partai Buruh. Untuk itu target dan capaian kami jelas merebut satu fraksi di parlemen. Fraksi tersebut kami namakan fraksi Kelas Pekerja. Kami juga menargetkan akan mengusung bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Tengah pada Pilkada bulan November 2024."

Menurutya, Exco Partai Buruh Halmahera Tengah membuka ruang seluas-luasnya bagi Serikat Buruh, petani, nelayan, pemuda mahasiswa dan elemen masyarakat untuk mengusung Bacaleg pada pemilu tahun 2024.

"Kami membuka ruang seluas-luasnya bagi Serikat Buruh, petani, nelayan, pemuds mahasiswa dan elemen masyarakat untuk mengusung Bacaleg pada pemilu tahun 2024. Di akhir sambutan saya menegaskan kembali FBTPI-KPBI Maluku Utara siap menangkan Partai Buruh dan kepada kaum muda harus mendukung Partai Buruh. Jangan lagi mendukung partai-partai oligarki.”