Konferensi Perempuan Indonesia, Agenda Perempuan Partai Buruh Menyambut IWD 2023

06/03/2023 16:35 WIB

post-img

Jakarta - Perempuan Partai Buruh dalam konferensi pers yang dilakukannya, mengajak kepada seluruh perempuan untuk bisa menghadiri 'Konferensi Perempuan Indonesia'. Agenda tersebut sengaja diciptakan dalam rangka 'Menuju International Women's Day (IWD) 2023'.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Deputy Bidang Pariwisata Partai Buruh, Ira Laila Budiman. Ira menekankan, betapa pentingnya kaum perempuan untuk bisa mengikuti konferensi perempuan dalam rangka menyambut 'International Women's Day (IWD) 2023'.

"Mengajak kepada perempuan mengikuti Konferensi Perempuan Indonesia dan melakukan aksi 'International Women's Day (IWD) 2023'. Mari berjuang bersama Perempuan Partai Buruh untuk Generasi Emas Indonesia," ujar Ira, dalam konferensi pers, di Kantor Exco Pusat Partai Buruh, di Kampung Dukuh, Kramat jati, Jakarta, pada Senin (06/03/23) 

Konferensi Perempuan Indonesia sendiri akan dilangsungkan di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat, pada tanggal 7 Maret 2023. Dengan tema 'Memperkuat Keterlibatan dan Kepemimpinan Perempuan dalam Politik'. 

Nantinya, konferensi tersebut akan terbagi ke dalam dua inti agenda, yakni Seminar Nasional dan Sidang Komisi dan Pleno. Yang secara keseluruhan, bertujuan untuk menggali peran & keterlibatan perempuan dalam politik melalui seminar, serta menggali strategi & program bersama melalui sidang-sidang komisi yang melibatkan seluruh peserta konferensi, yang kemudian disarikan dalam sidang pleno. 

Tentunya dengan harapan, bahwa proses seminar dan sidang komisi bisa menghasilkan sebuah kesepakatan bersama dari seluruh organisasi yang hadir, sebagai bentuk komitmen penyatuan kekuatan perempuan untuk memperkuat peran dan keterlibatan perempuan dalam politik.

"Mari mengikuti konferensi perempuan esok," tegas Rastingkem, Deputi Bidang Penggalangan dan Konsolidasi Kalimantan I (Kalsel, Kalteng, Kalbar). 

Sebagai tambahan, beberapa nara sumber akan terlibat dalam Seminar Jilid I, 'Peran Perempuan dalam Politik'. Di antaranya, Nani Kusnaeni (Ketua Exco Pusat Partai Buruh Bidang Buruh, Upah & Jaminan Sosial, Perumahan Rakyat), Suciwati (Omah Munir), Yeni Rosa (Perhimpunan Jiwa Sehat), Jackie (FSPBI), Lita Anggraini (Jala PRT), Amalinda Savirani (Akademisi UGM) dan Wardah Hafidz (UPC), yang akan dipandu oleh Ira dan Jumisih. 

Sementara untuk Seminar Jilid II, 'Gerak Perempuan dan Demokrasi', akan dimotori oleh Kalis Mardiasih (Penulis Perempuan), Bivitri Susanti (Akademisi STHI Jentera), Marsini (Saudari Pejuang Perempuan Marsinah), Ratih Kusuma (SPI) dan Rima Astuti (YASANTI), yang juga akan dipandu oleh Rasti dan Dian Septi.