Longmarch Jalan Kaki Bandung – Jakarta Tiba di Depan MK dan Istana Tanggal 9 Agustus, Bakal Disambut Aksi Buruh Puluhan Ribu Orang

07/08/2023 09:25 WIB

post-img

Partai Buruh bersama KSPI, KSPSI AGN, KPBI, KSBSI, FSPMI, SPN, FSP KEP, FSP TSK, SPI, dan organisasi klas pekerja sudah memulai rangkaian longmarch jalan kaki Bandung – Jakarta selama 8 hari yang dimulai pada tanggal 2 Agustus di Gedung Sate Bandung dan akan berakhir di depan Gedung MK dan Istana Merdeka pada tanggal 9 Agustus 2023, dan disambut aksi buruh puluhan ribu orang.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal, sekaligus presiden kspi, menyampaikan, titik akhir dari rangkaian longmarch Partai Buruh akan disambut aksi massa puluhan ribu buruh yang berasal dari tiga provinsi, DKI, Jawa Barat, dan Banten. Di mana puluhan ribu buruh tersebut berasal dari dari SPN, FSPMI, FSPKEP, FSPTK, 4 konferderasi besar di Indonesia, 60 federasi tingkat nasional, dan melibatkan Serikat Petani Indonesia.

“Puluhan ribu buruh yang menyambut peserta longmarch mengangkat lima isu. Satu, cabut UU Cipta Kerja No 6 tahun 2023. Dua, naikkan upah minimum 2024 sebesar 15%. Tiga, cabut presidential threshold 20 persen menjadi 0 persen. Empat, cabut UU Kesehatan. Lima, wujudkan jaminan sosial JS3H,” ujar Said Iqbal.

Perjalanan longmarch ini melibatkan peserta sekitar 120 orang, yang berjalan kaki dari Bandung ke Jakarta. Di mana setiap kota industri akan disambut ratusan bahkan ribuan di sepanjang jalan.

“Waktu start dari Bandung – Jakarta. Di Leuwigajah – Caimahi disambut ribuan buruh. Memasuki Cimareme, Bandung Barat – Padalarang, juga ada ribuan buruh yang menyambut. Di hari kedua, berjalan kaki dari Bandung Barat menuju Purwakarta sudah sampai kemarin malam di Purwakarta dan disambut ratusan buruh,” ujarnya. Di hari ketiga, perjalanan dilanjutkan menuju Karawang, yang juga akan disambut ribuan buruh di kawasan industri.

“Mereka beristirahat di kantor Partai Buruh atau kantor serikat buruh. Semua pembiayaan di tanggung secara patungan dari Partai Buruh bersama serikat buruh di daerah yang dilalui,” kata Said Iqbal.

Tujuan longmarch adalah untuk mengumpulkan petisi minimal satu juta tanda tangan. Bila memungkinkan 5 juta. “Sudah ada lima ribu tanda tangan. Diharapkan, sampai Jakarta 10 – 15 ribu petisi terhadap lima tuntutan yang tadi saya sampaikan bisa dikumpulkan,” ujarnya. 

Selain petisi yang dibagikan dalam longmarch, nantinya petisi akan dikirim ke setiap pabrik dan diedarkan untuk ditandatangani. Isi petisi ada lima tuntutan yang disampaikan ke Presiden dan Pimpinan DPR: Satu, cabut UU Cipta Kerja No 6 tahun 2023. Dua, naikkan upah minimum 2024 sebesar 15%. Tiga, cabut presidential threshold 20 persen menjadi 0 persen. Empat, cabut UU Kesehatan. Lima, wujudkan jaminan sosial JS3H meliputi jaminan makanan, pendidikan, perumahan, air bersih, dan pengangguran. 

“Nanti sore peserta longmarch akan beristirat dan menginap di kantor serikat buruh Karawang, kemudian akan berjalan menuju ke Bekasi pada Sabtu pagi” tegasnya.

Aksi massa puluhan ribu buruh pada tanggal 9 agustus jam 10 dipusatkan di MK dan istana menyambut peserta long march jalan kaki bandung ke jakarta..