Najwa Shihab Muncul di Nama nama Capres Rakernas Partai Buruh

18/01/2023 10:40 WIB

post-img

Jakarta - Partai buruh mengumumkan usulan empat nama capres dan cawapres pemilu 2024 mendatang dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Buruh di Hotel Ciputra, Jakarta Barat, pada Selasa, 17 Januari 2023. 

Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal menyebutkan bahwa rekomendasi ini merupakan usulan dari pandangan umum 38 provinsi dan 442 kabupaten kota yang ikut rakernas. 

”Untuk capres ada 4 nama, dua nama sudah beredar dan dua calon alternatif. Empat nama cawapres," ujar Said. 

Said mengatakan, dua nama yang diusulkan daerah untuk calon presiden adalah Ganjar Pranowo dari 15 provinsi, dan Anies Baswedan diusulkan enam provinsi.

Selain mereka, ada juga nama Said Iqbal yang diusulkan 14 provinsi. Terakhir ada nama Najwa Shihab yang diusulkan tiga provinsi.

"Untuk calon presiden alternatif, partai buruh akan berjuang mengajukan judical review terhadap UU terkait presidential threshold. Partai buruh berkeyakinan bisa, walaupun penggugat sebelumnya gagal," ujarnya.

Sedangkan untuk calon wakil presiden, Said mengatakan ada empat nama yang diusulkan. Empat nama itu adalah Said Iqbal yang diusulkan 7 provinsi, Arsjad Rasjid 21 provinsi, Mahfud Md diusulkan 3 provini, dan Najwa Shihab diusulkan tiga provinsi.

Dari total delapan nama capres dan cawapres usulan peserta Rakernas Partai Buruh, Said Iqbal mengaku nanti pihaknya akan mendatangi satu persatu dari nama tersebut untuk meminta izin kesediaannya.

"Ya, ke Pak Ganjar, ini lo rekomendasi Partai Buruh. Apakah bersedia ikut rekomendasi konvensi partai ini?" kata dia.

Partai Buruh, kata Said, akan menggelar konvensi pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden pada Juni 2023.