Petani, Buruh, dan Nelayan Bersatu untuk Kebangkitan Politik Kelas Pekerja

20/03/2023 09:39 WIB

post-img

Indramayu - Dewan Pengurus Cabang Serikat Petani Indonesia (DPC SPI) Indramayu bersama Partai Buruh melaksanakan Konsolidasi Akbar Persatuan Petani, Buruh, dan Nelayan se-Indramayu di Basis Sukamulya, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Minggu (19/3).

Acara diawali dengan orasi dan laporan politik dari Try Utomo, Ketua DPC SPI Indramayu/Wakil Ketua Exco Kabupaten Indramayu Partai Buruh menekankan tentang persatuan dan penguatan perjuangan Reforma Agraria SPI

"Menyatukan dan menguatkan perjuangan Reforma Agraria yang sedang diperjuangkan, hak atas tanah, jadi upaya politik untuk perjuangan petani agar mendapatkan hak atas tanah dan hak atas pangan yang berdaulat. Perjuangan kita ini karena kekuatan bapak dan ibu petani, tanpa persatuan untuk mempertahankan hak petani di lahan, tanah kita akan habis", ujar Try Utomo.

Ujang Hamdani, Exco Kabupaten Indramayu Partai Buruh dalam sambutannya, mengajak para petani, buruh, dan nelayan untuk mencapai kesejahteraan kita bersama. Mari bersatu untuk memiliki alat politik sendiri, Partai Buruh. Mari berjuang bersama untuk memajukan dan menguatkan Partai Buruh Kabupaten Indramayu dan nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Bung Suparno, Ketua Exco Provinsi Jawa Barat Partai Buruh menjelaskan Partai Buruh adalah milik seluruh buruh, petani, nelayan, dan rakyat kecil. Partai buruh merupakan solusi bagi kita semua.

"Partai Buruh lahir untuk merubah sirkulasi kebijakan pemerintahan karena tidak adanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Tugas pemerintah seharusnya adalah untuk mensejahterakan rakyat. Petani, buruh, dan nelayan tidak boleh ada yang miskin lagi", tegas Suparno.

Sementara Bacaleg DPR RI Partai Buruh dari Dapil VIII sekaligus Ketua Bidang Perempuan Exco Pusat Partai Buruh, Nani Kusmaeni, menambahkan bahwa Indramayu memiliki kekayaan alam yang melimpah, tapi nyatanya tidak dinikmati oleh rakyat Indramayu. Kekayaan alam harusnya diberikan kepada rakyatnya, bukan milik segelintir orang ataupun kepentingan pribadi. Kehadiran Partai Buruh berjuang untuk melawan kebijakan yang tidak melindungi dan mensejahterakan rakyatnya.

Agenda persatuan ini ditutup dengan pidato politik Agus Ruli Ardiansyah Ketua Majelis Nasional Partai Buruh yang mengucapkan terima kasih kepada DPC SPI Indramayu dan Exco Kabupaten Indramayu telah menyelenggarakan acara konsolidasi ini. 

"Kita harus mengajak seluruh elemen masyakat, nelayan, petani, serikat pekerja, dan serikat petani karena Partai Buruh merupakan dedikasi untuk masyarakat kecil. SPI sudah berjuang sejak lama, telah memiliki infrastruktur di seluruh Indonesia, kita bersama-sama kerja keras, kita sudah meloloskan Partai Buruh untuk Pemilu 2024" tutup Agus Ruli.

Acara konsolidasi ini dilengkapi dengan agenda sesi tanya jawab dengan petani SPI terkait penguatan organisasi, penguatan Partai Buruh, dan perjuangan Reforma Agraria. Acara ini diakhiri dengan Deklarasi Persatuan Buruh yang ditandatangani oleh SPI Indramayu, SNI Indramayu, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Indramayu dan Serikat Buruh Keramik Indonesia (SBKI) Indramayu.

Di dalam acara ini, hadir petani SPI Indramayu dari Basis Sukamulya, Basis Makam Bujang, Basis Mulyasari, Basis Rawasoni, Basis Amis, DPP SPI, Exco Kabupaten Indramayu, Exco Provinsi Jawa Barat Partai Buruh, Exco Pusat Partai Buruh, FSPMI Indramayu, SNI Indramayu dan SBKI Indramayu.