Partai Buruh Silaturahmi ke KSBSI

30/06/2022 10:38 WIB

post-img

--Sebaran Berita Partai Buruh dari berbagai Media--
 

Jakarta (PARADE.ID)- Presiden Partai Buruh berserta pengurus melakukan kunjungan, silaturahmi ke Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Rabu (29/6/2022), di kantor KSBSI, Cipinang, Jakarta Timur. Silaturahmi Partai Buruh diterima Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban, Sekjend KSBSI Dedi Hardianto, dan para Dewan Eksekutif Nasional (DEN) KSBSI.

Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban mengaku senang dengan kehadiran Presiden Partai Buruh Said Iqbal dan pengurus ke kantor KSBSI. Malah diterimanya Iqbal dan yang lainnya, kata Elly, sebagai bentuk support dari KSBSI.

“Walau kami tidak mendeklarasikan mendukung terbuka. Namun demikian kami memberikan kebebasan (memilih atau bergabung) ke anggota kami untuk mereka atas kehadiran Partai Buruh Pimpinan Iqbal,” ujarnya, yang disambut tawa.

“Kendati begitu, sempat sebenarnya ada pro dan kontra (akan) kehadiran Partai Buruh ke sini. Hal itu disebabkan pertanyaan, ‘Mengapa kita tidak dilirik Partai Buruh?’ Tapi, setelah banyak komunikasi dan diskusi—lebih dekat, kami menerima,” sambung Elly.

Ia berpesan, sekaligus support ke Iqbal agar jangan gagal membawa Partai Buruh. Ia percaya bahwa tidak ada yang salah memilih, apalagi ia adalah salah satu pendiri—walau Iqbal dan kawan-kawan datang terlambat ke KSBSI.

“Tapi intinya, kami masih di sana (Partai Buruh). Partai Buruh mesti kerja keras. Agar ke depan tidak ada lagi yang menganggap kita identik dengan kekerasan,” pesannya.

Seperti Elly, Sekjend Dedi pun menyambut hangat kedatangan Iqbal dan yang lainnya. Pun seperti Elly, Dedi berharap agar Partai Buruh di bawah Iqbal membawa doktrin almarhum Muchtar Pakpahan.

“Walau saya di luar Partai Buruh, tapi saya, kami senang Partai Buruh ini dibawa Pak Iqbal. Bahkan kami memiliki harapan Partai Buruh mendapatkan kursi di parlemen,” harapannya.

Dedi juga berharap Partai Buruh di bawah Iqbal ke depannya dapat melakukan perjuangn untuk buruh Indonesia lebih jauh dan lebih baik lagi.

Said Iqbal mengaku senang datang ke KSBSI, karena disambut hangat oleh Presidsn KSBSI Elly Rosita, Sekjend Dedi Hardianto, Dewan Eksekutif Nasional (DEN), dan lainnya.

Soal mengapa ka tidak datang atau tidak mengundang Elly (KSBSI) soal Partai Buruh, karena ia menganggap (kita) tidak ada masalah. Apalagi, kata dia, Partai Buruh ini ruhnya Muchtar Pakpahan. Bahkan, ia tahu bahwa Elly adalah salah seorang pendiri Partai Buruh belum lama ini diketahuinya.

Di sini, kita tahu banyak pendiri Partai Buruh, walau secara biologis ada di Bang Darta. Saya tahu dari Bang Muchtar Pakpahan ketika berkomunikasi. Maka dari itu, mari kita hentikan—apa yang namanya konflik karena perbedaan. Biarkan. Kita capek,” kata dia.

Saat ini, menurut dia lebih baik kita berjuang sebagaimana mestinya. Sesuai keyakinan. Sebab ini bicara atau menyangkut buruh.

“Seperti Omnibus Law, yang secara politik kita ini sudah kalah. Kita, sebagai buruh sudah hilang,” ungkapnya.

Di Partai Buruh ini pun, kata dia, tidak muluk-muluk. Kita hanya bicara soal klas pekerja, pemuda, guru honorer, pembantu rumah tangga (PRT), dan lainnya. Tak jadi soal jika ada yang menanyakan mengapa partai ini dihidupkan kembali—setelah dianggap mati (oleh pewarta asing).

“Tapi alasannya saya ketika itu adalah karena cuka satu, yakni adanya Omnibus Law. Omnibus Law itu memukul kita semua sebagai buruh. Tidak ada pekerja yang tak terpukul,” paparnya.

“Jadi, kita ini mengalir saja soal Partai Buruh ini. Siapa pun dari sini atau resmi bergabung, saya tentu akan sangat senang. Sebab kita sadar di sini adalah pemiliknya,” pungkasnya.

Hadir dari Partai Buruh dalam silaturahmi tersebut selain Presiden Partai Buruh Said Iqbal yakni Wapres Partai Buruh Agus Supriyadi, Sekjend Partai Buruh Ferri Nuzarli, Ketua Bapilu Ilhamsyah, Ketua Bidang Infokom dan Propaganda Kahar S Cahyono, Ketua Bidang Pemuda, Mahasiswa, dan Pelajar Muhammad Arira Fitra/Birek, Ketua Hubungan antar Lembaga dan Kebijakan Publik Diding Sudrajat.

Sementara dari KSBSI selain Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban dan Sekjend KSBSI Dedi Hardianto yakni Ketum Federasi Transportasi dan Angkutan (FTA Lubis), Yudo (pendiri/[K]SBSI, Parulian Sianturi (DEN), Riswan Lubis (DEN), Nikasih (DEN), dan Rasminah Pakpahan (DEN).

(Rob/PARADE.ID)

Sumber : parade.id