Posko Orange kini Hadir di Cilincing

20/03/2023 10:49 WIB

post-img

Jakarta, FSBPI-KPBI menyelenggarakan sosialisasi Posko Orange di Kantor Sekretariat FSBPI Kel. Semper Barat Kec. Cilincing Jakarta Utara. Pembangunan Posko Orange adalah salah satu program arahan dari Exco Pusat Partai Buruh kepada seluruh Exco Provinsi, Exco Kab/Kota sampai dengan tingkat Exco Kecamatan di seluruh Indonesia. (19/03/2023)

Posko Orange dibentuk dengan tujuan untuk mendekatkan diri Partai Buruh dengan konstituennya dan sekaligus mensosialisasikan program perjuangan Partai Buruh kepada seluruh lapisan masyarakat. 

Dian Septi Trisnanti ketua umum FSBPI dalam sambutannya mengatakan bahwa kita harus bekerja ditengah-tengah masyarakat untuk lebih memahami persoalan yang dihadapi oleh masyarakat secara langsung. Kita harus menjadi garda terdepan dalam membela hak-hak warga negara, seperti yang kita ketahui bahwa masih banyak masyarakat di sekitar kita yang belum mendapatkan hak atas jaminan sosial terkhusus jaminan kesehatan. Jika ada warga di sekitar kita yang belum mendapatkan jaminan kesehatan (BPJS), maka disitulah kita akan bekerja untuk mengadvokasi dan membantu sampai warga kita mendapatkan kartu BPJS. "Kita memang bukan dewa yang dapat menyelesaikan semua masalah, tapi kita akan mengajak masyarakat untuk berjuang bersama Partai Buruh agar hak-hak dasar warga negara dapat terlindungi", Ucapnya.

Jumisih Deputy Perempuan Partai Buruh yang juga merupakan Wakil Ketua FSBPI mengarahkan kepada seluruh Relawan Posko Orange yang hadir agar bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Kita akan melakukan kerja harian di Posko Orange sama seperti ketika kita mengadvokasi anggota kita di pabrik-pabrik, namun ruang lingkup kita akan lebih luas kesemua lapisan masyarakat. Kalau selama ini kita mengkader anggota dipabrik maka kedepan kalau bisa kita juga mengkader warga, seperti karang taruna dan RT/RW untuk bergabung bersama Partai Buruh. Tegas Jumisih kepada Relawan Posko Orange FSBPI sembari mendeklarasikan dirinya yang akan maju menjadi BACALEG DPRD I Partai Buruh Dapil 2 Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Dalam agenda sosialisasi Posko Orange tersebut, Damar Panca Mulya Sekjend FSBPI dan KPBI yang lebih akrab disapa Bung Oncom turut menjelaskan 3 Program yang akan dijalankan oleh Posko Orange FSBPI. Adapun program tersebut adalah sebagai berikut:

1. Program Sosialisasi Jaminan Kesehatan kepada warga sekitar Posko Orange dan advokasi.

2. Program Buruh bantu Rakyat dalam bentuk "Makan Gratis Kelas Pekerja" di setiap hari Jumat, dari jam 13.00 s/d 14.00 wib. Dengan syarat ketentuan dapat menunjukan KTA Partai Buruh dan bagi masyarakat yang belum memiliki KTA Partai Buruh, maka Relawan Posko Orange akan membantu proses pendaftaran sebagai anggota sampai warga memiliki KTA Partai Buruh.

3. Program Kerja Bakti "Bersih-Bersih Kampung" yang akan dilakukan setiap hari Minggu. Program ini akan bergulir secara bergantian disetiap pemukiman warga di wilayah Jakarta Utara. Sekaligus mensosialisasikan 13 Platform Perjuangan Partai Buruh kepada konstituennya. "Kita butuh lingkungan yang sehat" 

Dalam kesempatan ini Bung Oncom juga menjelaskan soal pembiayaan operasional Posko Orange ini dilakukan secara kolektif "FSBPI akan mengeluarkan surat intruksi kepada seluruh Pengurus Basis FSBPI agar turut berpartisipasi dalam mensukseskan program Posko Orange ini" sesuai kesepakatan dalam rapat pleno DPN FSBPI, setiap anggota FSBPI akan berkontribusi sebesar Rp. 5.000,- perbulan dan Rp. 1.000.000,- perbulan dari anggaran Kas DPN FSBPI. Dana ini akan kita kelola untuk kebutuhan operasional Posko Orange dan kebutuhan kampanye BACALEG dari FSBPI yang akan turun ke DAPIL nya.

Diawali dengan Salam Satu Pintu (SASATU) ke pemukiman warga sekitar, Lounching Posko Orange di Kantor Sekretariat FSBPI Kel. Semper Barat Kec. Cilincing-Jakarta Utara berjalan dengan lancar dan sukses. 

Di hari yang sama lounching Posko Orange juga dilaksanakan di Kec. Cilincing Kampung Nelayan Jakarta Utara. Program ini dikoordinir oleh Exco Kota Partai Buruh Jakarta Utara Bung Ajum dengan baik guna menghantarkan Partai Buruh ke Pemenangan Pemilu 2024 yang akan datang. 

Mcl_Ocm