Klas Pekerja Muda

14/07/2023 08:03 WIB

post-img

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menginformasikan bahwa komposisi pemilih dalam Pemilu 2024 akan didominasi oleh kelompok usia muda. Jumlah kelompok ini disebut mencapai 60 persen dari total pemilik suara sah. Berdasarkan data DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) dari pemerintah proporsi pemilih 2024 yang 14 februari nanti mencapai usia 17-39 tahun itu 55 sampai 60 persen.

Menyikapi komposisi pemilih di Pemilu 2024 tersebut Partai Buruh sudah mempersiapkan regulasi atau aturan apa saja yang terkait perlindungan generasi milenial dan Gen Z yang akan masuk di pasar kerja dalam situasi revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital.

Prana Rifsana, Ketua Partai Buruh EXCO Kota Bandung menyampaikan bahwa untuk menyerap suara kaum muda dan mempersiapkan rekomendasi rekomendasi regulasi dalam melindungi para pekerja muda, EXCO Kota Bandung memiliki calon calon legislatif-nya dari klas pekerja muda.  Hampir 30% caleg dari Partai Buruh adalah kelompok kaum Milenial dan Gen Z, mereka adalah klas pekerja muda yang siap bertarung di Pemilu 2024.

Salah satunya adalah Marissa Putri Azzahra, gadis 22 tahun ini merasa sulit dalam mencari pekerjaan saat ini, dengan semakin mudah-nya perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja karena Undang Undang Cipta Kerja sehingga dia harus bersaing mencari kerja dengan minim-nya pengalaman yang dimilikinya.