Partai Buruh Kenalkan Konsep Ekonomi untuk Jadikan Indonesia Negara Sejahtera

21/07/2023 08:22 WIB

post-img

Jakarta,Partaiburuh.or.id - Sebagai salah satu Partai Politik (Parpol) yang akan mengikuti kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Partai Buruh terus menawarkan konsep dan gagasannya untuk membantu menjadikan kembali Indonesia sebagai negara yang maju dan berdaulat. 

Kali ini, Partai Buruh memperkenalkan bagaimana konsep ekonomi ideal yang harus dijalankan oleh Indonesia, untuk menjadikannya negara yang sejahtera, salah satunya melalui 'Perekonomian Terencana'. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Exco Pusat Partai Buruh, Ilhamsyah, menegaskan, bahwa Indonesia harus bisa membuat dan menjalankan perekonomian secara terencana. 

"Sebuah negara harus bisa membuat perencanaan ekonomi untuk memenuhi semua kebutuhan dasar warga negaranya. Perencanaan yang dimaksud ialah bagaimana pemenuhan kebutuhan dasar seperti pangan, kesehatan, pendidikan, perumahan hingga pengelolaan sumber daya alam negara," ujar Ilhamsyah, dalam keterangannya, pada Jumat (21/7/2023). 

Ilhamsyah pun memberikan contoh, terkait apa dan bagaimana, konsep yang dimaksud dengan perekonomian terencana tersebut. 

"Sebagai contoh, bagaimana pemenuhan pangan untuk kebutuhan makan 278 juta rakyat Indonesia, tidak boleh kurang dalam memproduksinya. Untuk itu harus dibutuhkan perencanaan."

"Misalnya pemenuhan beras dibutuhkan sekian juta hektare, maka negara harus memastikan lahan pertanian untuk padi sekian juta hektare. Tentunya dengan tingkat produksi dan kapasitas panen 2/3 kali dalam setahun."

"Juga harus dipastikan bagaimana irigasinya, pupuknya, dan lain semuanya, harus terencana. Dengan begitu, kita bisa menggerakan perekonomian nasional."

Seperti yang diungkap di atas, perekonomian terencana tak hanya mencakup soal kebutuhan pangan. Juga ada kebutuhan lainnya, seperti kesehatan, pendidikan, perumahan hingga pengelolaan sumber daya alam. 

"Juga untuk kesehatan, negara harus bisa memastikan. Sebab, apabila makan sebagai salah satu dasar kebutuhan hidup sudah terpenuhi, maka Indonesia sudah bisa dipastikan terbebas dari busung lapar, gizi buruk, polio dan penyakit lainnya," tambahnya. 

Menyinggung soal kesehatan, tentu tak lupa untuk membahas tenaga kesehatannya. Oleh sebab itu, Partai Buruh berkomitmen, apabila menang Pemilu nanti, akan mewujudkan pendidikan gratis, termasuk pendidikan kesehatan. 

"Pendidikan kedokteran juga harus gratis. Sehingga jabatan dokter tidak lagi akan menjadi jabatan yang orientasinya elitis dan mencari keuntungan. Meski tak dipungkiri masih ada tenaga kesehatan yang tegak lurus untuk melakukan pengabdian," tegas Ilhamsyah. 

Ilhamsyah juga menuturkan, untuk pengaplikasian tersebut, tentu negara harus hadir dan terlibat langsung. Sebab hal itu dilakukan demi terwujudnya cita-cita Indonesia, menjadi negara yang sejahtera. 

"Begitu juga dengan pendidikan (secara umum) dan perumahan. Dari data yang ada, maka bisa dilihat berapa kebutuhan dan apa yang harus dilakukan, tentunya dengan terencana. Dan semua itu harus dibangun oleh negara"

Begitu juga dengan pengelolaan sumber daya alam (SDA), yang menurut Ilhamsyah tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, segala sesuatunya harus bisa sesuai dan direncanakan. 

"Itulah prinsip dasar kehidupan dalam berbangsa dan bernegara dalam konteks pembangunan ekonomi, yang mana semuanya harus dalam pembangunan terencana," pungkasnya.