Banyak Elit Politik Mengkhianati, Partai Buruh: Hentikan Politisasi Pancasila

02/06/2022 10:54 WIB

post-img

--Sebaran Berita Partai Buruh Dari Berbagai Media--

KedaiPena.Com- Partai Buruh meminta semangat Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dikembalikan. Semangat Pancasila dalam berkehidupan untuk berbangsa dan bernegara harus melatarbelakangi pengambilan kebijakan ekonomi serta politik negara.

Demikian disampaikan Ketua Bapilu Partai Buruh Ilhamsyah dalam momentum peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni. Untuk peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 memiliki tema yaitu Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.

“Hentikan politisasi Pancasila. sebuah praktek politik yang menjadikan Pancasila sebagai temeng dan jargon politik belaka tanpa pengamalan nilai-nilainya secara konkrit, terutama sila kemanusiaan yang adil beradab dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu, (1/6/2022).

Dalam kesempatan itu, ia juga mengecam, tindak tanduk elit nasional negeri ini yang banyak diantaranya telah keluar atau bahkan mengkhianati nilai-nilai Pancasila.

“Tanpa kemakmuran yang merata bagi segenap rakyat Indonesia, artinya tidak ada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selama hal itu masih menjadi kenyataan, selama itu pula Pancasila telah dipunggungi,” jelas dia.

Ia juga meminta, agar dalam momentum peringatan Hari Lahir Pancasila tindakan penumpukkan kekayaan oleh segelintir orang atau oligarki dapat dihentikan.

“Beri perhatian yang lebih besar kepada kaum muda serta kelestarian lingkungan dan laksanakan Reforma Agraria sejati. Tanpa itu semua nilai-nilai Pancasila tak akan benar-benar diagungkan,” pungkasnya.

 

Sumber: Kedaipena.com