Profil Said Iqbal Presiden Baru Partai Buruh Ini Sepak Terjangnya

22/03/2022 16:14 WIB

post-img

TRIBUNNEWS.COM - Said Iqbal, tokoh yang terkenal vokal dalam urusan pekerja atau buruh, kini menyandang status Presiden Partai Buruh.

Ia terpilih menjadi Presiden Partai Buruh periode 2021-2026.

Sekaligus ia memimpi kepengurusan yang baru terbentuk setelah deklarasi.

Adapun Said Iqbal dikenal sebagai Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Diberitakan Tribunnews.com, Said Iqbal dikenal sebagai pentolan organisasi buruh.

Mengutip media buruh, koranperdjoeangan.com, Said Iqbal lahir di Jakarta, 5 Juli 1968.

Ia kemudian mengambil Master Ekonomi (S2) di Universitas Indonesia.

Said Iqbal menjadi pemimpin buruh sejak tahun 1992.

Saat itu, ia menjadi pemimpin organisasi buruh sebuah perusahaan elektronik di Bekasi.

Sejumlah jabatan di organisasi buruh yang pernah ia pegang antaralain PC SP LEM SPSI, PC FSPMI, Sekretaris DPP FSPMI, Central Comittee Serikat Buruh Metal Sedunia (IMF), Wakil Presiden Serikat Pekerja ASEAN (ATUC), General Council Konfederasi Serikat Buruh Sedunia (ITUC), Presiden DPP FSPMI, Presiden KSPI, Pengurus Pusat ILO badan PBB.

Selain menjadi pimpinan buruh, ia juga menulis buku.

Sejumlah buku yang ia terbitkan antaralain buku Sepultura (sebuah cita-cita perjuangan tahun 2015), Pemerintah Gagal Menyejahterakan Buruh (Catatan Kritis Perburuan tahun 2017), Kerja Layak Upah Layak dan Hidup Layak Gagal diwujudkan (Catatan Kritis Perburuan tahun 2018), Buku Putih KAJS yang berjudul Kesehatan Dalam Pusaran Kekuasaan tahun 2019, dan juga Gagasan Besar Serikat Buruh 2015.

Jadi Presiden KSPI Sejak 2012

Said Iqbal menjadi Presiden KSPI sejak tahun 2012.

Masih mengutip koranperdjoeangan.com, Said kembali terpilih sebagai Presiden KSPI secara aklamasi untuk periode 2017 – 2022.

Pada tahun 2013 lalu, Said Iqbal meraih penghargaan internasional sebagai Tokoh Buruh Terbaik Dunia, The Febe Elisabeth Velasquez Award oleh serikat pekerja Belanda, FNV.

Penghargaan ini diberika bagi mereka, para aktivis buruh yang berjuang demi tegaknya hak-hak buruh di negara masing-masing.

Dalam pemilihan itu, Said Iqbal menyisihkan 200 kandidat lainnya dari seluruh dunia berkat militansinya mengawal demokrasi dan kebebasan berserikat melalui FSPMI dan KSPI.

Selain sebagai pentolan buruh, Said Iqbal juga dikenal sebagai pendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.